Kamis, 03 Maret 2016

MASALAH EKONOMI SELALU MENGHAMBAT DALAM BISNIS

KARYA ILMIAH 
PENTINGNYA EKONOMI SERING MENGHAMBAT BISNIS






Di susun oleh:

NAMA
: YOGI SAPUTRA

NIM
: 15.11.8812

KELAS
: S1 TI 05
ABSRAK

Indonesia adalah sebuah negara yang dapat dikategorikan sebagai negara berkembang, penyebab salah satunya dengan maraknnya pengangguran di indonesia ini. Masalah yang ditimbulkan dari pengguran ini karena faktor ekonomi dan skill. Tetapi diindonesia ini penyebabnya, ketika seseorang ingin berkarya dalam dunia bisnis, faktor yang paling banyak adalah faktor ekonomi. Tetapi di zaman moderen ini faktor ekonomi sudah tidak menjadi masalah utama dalam membangun sebuah bisnis. Adapun pekerjaan yang tidak membutuhkan sebuah modal yang banyak. Pekerjaan yang tidak membutuhkan modal banyak diantaranya membuat blog, drop ship,menjual e-book, afiliasi, pulsa elektrik. Ketika kita memulai sebuah bisnis saat di awal-awal untuk pekerjaan tersebut akan mendapat modal sedikit. Tetapi ketika seseorang menekuni dalam pekerjaan tersebut hari demi hari penghasilannya akn menambah. Jadi saran dari saya, mulailah berbisnis dari sekarang, jangan lah takut terjadi kebangkrutan. Karena dengan dengan kerugian tersebut maka anda akan mendapat inovasi dalam memajukan sebuah bisnis tersebut.

Pentingnnya Ekonomi Menghambat dalam Berbisnis

Ketika seseorang ingin memulai dalam sebuah bisnis, tidak hanya berbekal keinginan dalam mempunyai penghasilan yang banyak, tetapi harus membutuhkan keberanian, tekat, strategi, dan tidak lah penting adalah faktor ekonomi agar sebuah bisnis dapat berjalan. Banyaknya anak muda sekarang yang mulai berkarir dalam dunia bisnis, khususnya bagi para mahasiswa. Belum lama juga saya melakukan riseard kepada mahasiswa dikampus saya, kenapa mahasiswa sekarang suka berkarir di dalam dunia bisnis, walaupun sebenarnya dapat mendapatkan uang dari orang tuanya. Mahasiswa itu menjawab karena saya tidak ingin  merepotkan orang tua saya khususnya dalam ekonomi. Sebab itulah dimasa sekarang ini banyak mahasiswa yang mulai merintis karirnnya dalam dunia bisnis. Walaupun baru pemula, bagi seorang pembisnis ketika melakukannya dengan tekun dan ulet dalam pemasarannya, agar bisnis tersebut akan mudah dalam penjualannya dan meraut untung yang banyak. Tapi sering kali faktor ekonomi disini menjadi masalah utama dalam memulai sebuah bisnis. Kenapa saya bilang begitu, karena ketika kita ingin membuka karir dalam bisnis khusunya wirausaha maka di perluka modal awal yang tidak sedikit juga untuk mendapatkan barang tersebut. Tetapi dimasa sekarang ini banyak toko-toko online yang cara kerjanya kita hanya memasarkan barang tersebut kepada konsumen. Macam-macam pekerjaan yang tidak membutuhkan modal banyak, diantaranya:

1. Membuat Blog
   Pekerjaan dengan membuat blog sebenarnya sudah banyak digeluti bagi masyarakat muda ataupun mahasiswa. Dikarenakan perkerjaan ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Dengan kita selalu update materi dalam blog dan selalu posting dalam artikel maka Lama-kelamaan pengunjunganda akan banyak. Tapi pekerjaan ini memerlukan kedisiplinan dan rajin dalam membuat artikel. Pekerjaan dengan blog ini sudah terbukti diluar sana yang dapat menghasilkan dalam bentuk dolar juga. Dalam pekerjaan blog ini, agar setiap harinya kita selalu posting, lebih enaknya pekerjaan blog ini dilakukan secar berkelompok. Dikarenakan dengan kita melakukan berkelompok, semisal kelompok kita ada 5 orang dalam sehari mereka membuat artikel 1, maka dalam sehari 1 artikel X  5 orang maka sudah 5 artikel dalam sehari. Itu belum dalam sebulan, ketika dalam sebulan kita ada 31 hari maka 31 hari X 5 artikel menjadi 155 artikel.

2. Dropship
   Pastinya kalian sudah pada kenal dengan dropship inikan? tapi mungkin sebagian kalian masih bertanya-tanya apa sih... dropship itu??? Jadi dropship ini adalah sebuah jasa pengiriman barang yang melalui perantara dari supplier ke pembeli dan melalui sebuah reseller. Usaha dropship ini dapat dikategorikan usaha yang tidak membutuhkan modal yang bnyak. Dikarenakan, tugas seorang dropship disini hanyalah menjual dengan menawarkan melalui website ataupun dapat melalui facebook, line, blog, whats app, pets, dan masih banyak lagi. Kalau kita muisalkan:
ketika kita melihat gambar di toko-toko online yang terpercaya dengan membandingkan harga yang paling miring. Kemudian saya mengmbil 10 foto, kemudian saya pasarkan atau saya tawarkan kepada teman saya ataupun website, blog, line, facebook, whats app, dan pets. Ketika saya pasarkan, kemudian saya ambil untung 25% dengan memberi harga yang agak naik dari harga semula. Dengan begini kita dapat keuntungan yang lumayan dengan modal yang sedikit ataupun tanpa modal sepeserpun.

3. Menjual Ebook
   Ebook adalah sebuah buku elektronik yang biasanya berupa file PDF, Power point, ms word, ms axel, dan lain-lain.  Ketika anda menggeluti dalam menjual ebook, anda tidak memerlukan bodal banyak. Berbisbisnis menjual ebook ini hanya membutuhkan waktu, tenaga dan pikirana anda. Saat membuka ebook ini, memerlukan program acrobat reader atau pun sejenisnya seperti internet explorer. Jadi bagi anda yang bingung ingin usaha apa? menjual ebook ini dapat menjadi pilih anda dalam berbisnis.

4. Afiliasi
   Bagi kalangan anak muda udah pada tau kan, apa sih afiliasi? apa janagn-janagn pada belum tau nnh... yaudah jadi afiliasi adalah sebuah bisnis dalam dunia maya, atau dapat disebut juga bisnis secara online yang relatif mmudah dan tidak memutuhkan modal yang banyak. Pada umumnya berbisnis secara afiliasi anda cuma memasarkan sebuah produk tersebut. Ketika berbisnis afiliasi ini, anda tidak usah takut kalau sewaktu-waktu kehabisan produk karena perusahaan biasanya sudah memperkirakan. Biasanya berbisnis secara afiliasi ini, anda diberi link dari perusahaan untuk memasarkan sebuah prodak tersebut. afiliasi ini anda mendapatkan penghasilan dari berapa pengunjung yang datang pada link anda dan berapa barang yang sudah terjual, dari situlah anda mendapatkan penghasilan. 

5. Pulsa elektrik
   Menjual pulsa elektrik ini dapat menguntungkan dan mudahnya dalam menjualnya, dengan banyaknya handphone yang mamakai dari kalangan anak muda sampai dewasa. Biasanya dalam berjualan pulsa elektronik ini, anda dapat mendeposit pulsa 100.000 atau lebih untuk dijual kembali. Ketika anda menjual pulsa elektrik awal-awalnya penghasilan terjualnya pulsa anda dikit, tapi ketika ini ditekuni penghasilannya juga lumayan. Tetapi banyak teman-teman saya berhenti dalam berjualan pulsa elektrik ini, dengan alasan penghasilan dalam berjualan pulsa elektrik ini tidak seberapa besar. Saat anda berjualan pulsa elektrik sebisa mungkin anda dapat berjualan produk lain, dikarenakan agar penghasilan anda dalam sebulan dapat meraut untung yang lebih banyak.

   Jadi bagi anda kalangan anak muda ataupun dewasa ketika anda ingin memulai bisnis tanpa modal, anda dapat memasukan pilihan di atas sebagai piihan anda. Jangan takut dalam berbisnis, jangan selalu berfikir tentang kerugian yang didapat, karena dalam berbisnis akan selalu mengalami sebuah kerugian. Tetapi dibalik kerugian tersebut anda akan menjadi lebih faham dalam dunia bisnis. Untuk saran saya selalu bangkitlah dalam segala hambatan. Karena saya yakit anda mampu dalam menghadapi peristiwa tersebut.  Tetap semangat!!!

referensi:
https://agusmariyadi.wordpress.com/2013/02/20/lingkungan-ekonomi/
https://ringkasanmanajemen.wordpress.com/tag/pengaruh-lingkungan-terhadap-bisnis/
http://betabicara.com/2013/06/bisnis-modal-kecil-untung-besar-menguntungkan.html
http://www.ciputra-uceo.net/blog/2015/5/22/pengertian-resiko-usaha
http://naomisnack.blogspot.co.id/
http://layananebook.tripod.com/tentang_ebook.htm
http://www.indriany.com/pengertian-bisnis-afiliasi-adalah/

0 komentar:

Posting Komentar