Kamis, 03 Maret 2016

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM BISNIS








KARYA ILMIAH 
PENGARUH TEKNOLOGI DALAM BISNIS

Di susun oleh:

NAMA
: YOGI SAPUTRA

NIM
: 15.11.8812

KELAS
: S1 TI 05


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2015/2016


ABSTRAK
Dari tahun ke tahun kalau kita liha-lihat ternyata dalam bidang teknologi 
di indonesia ini mengalami kemajuan. Kemajuan teknologi ini dimanfaatakan 
dalam bidang bisnis untuk memajukan sebuah kineja secara efektif. Adapun 
keuntungan teknologi dalam sebuah bisnis diantaranya dapat mempermudah 
dalam komunikasi, Memberikan pengetahuan dalam segala hal, ringkasnya dalam 
menyimpan sebuah data, Sistem informasi menjemen, costomer relationship  
manajement, adanya bisnis selama 24 jam. Keuntungan dalam pemanfaatan 
teknologi ini, sangatlah menguntungkan sebuah bisnis di indonesia. Dalam 
kemajuan teknologi ini tidak hanya memudahkan bagi para pembisnis tetapi 
memudahkan juga bagi para kosumen dalam memilih sebuah produk.


PERLUNYA TEKNOLOGI DALAM BERBISNIS

Peran teknologi di era sekarang ini kemajuannya sangatlah pesat. Hampir 
semua hal dapat dilakukan dengan teknologi, yang dulu biasanya cuma bisa 
dilakukan dengan manual. Tetapi dijaman yang moderen ini semua bisa 
dilakukan dengan teknologi, contohnya yang dulunya pintu dan jendela dibuka 
secara manual, tapi di zaman sekarang dapat menggunakan remot control. 
Dengan kemajuan yang pesat ini didalam  dunia TI, penggunaan teknologi 
banyak digunakan untuk mempermudahkan dalam sebuah bisnis. Banyak 
perusahaan besar ataupun kecil yang menggunakan teknologi informasi. Bagi 
seorang yang berkarya dalam sebuah bisnis pemanfaatan teknologi ini berguna 
dalam mengelola sebuah layanan agar mudah berhubungan dengan konsumen. 
Contoh pemanfaatan taknologi bagi perusahaan/bagi seorang pembisnis adalah 
dalam pemasaran sebuah produk kepada masyarakat. Kemajuan teknologi dalam 
pasaran sebuah produk seperti adanya toko-toko online. Dengan adanya toko-
toko online kita dapat mudah dalam membeli sebuah barang, dapat 
membandingkan harga-harga barang, dan menyingkat waktu. Dalam dunia TI
(teknologi informasi) pemanfaatan perdangan secara online disebut E-
Commerce. Temen-temen tau enggak nih... apa pengertian E-Commerce? jadi e-
commerce merupakan sbuah perdagangan dalam sebuah jaringan internet. 

Beberapa keutungan Teknologi secara umum:
1. Dapat mempermudah komunikasi.
Untuk mengetahui pengertian komunikasi, anda dapat melihat di bagian 
blog saya pada judul artikel lingkungan sosial budaya. Salah satu aplikasi 
yang paling diperlukan dalam sebuah bisnis yang dapat menunjang dalam 
komunikasi, dapat menggunakan E-mail. Temen-temen udah enggak asing lagi 
kan dengan kata e-mail. Jadi e-mail merupakan surat elektronik yang dapat 
mengirim ataupun menerima sebuah pesan. Pesan disini bisa berupa foto, 
file, data, dan video. Adapun type-type dalam email untuk marketing;
a. Direct Email
Pengertian dari direct email merupakan sebuah pesan yang dikirim kepada 
pelanggan dengan tujuan untuk menawarkan atau mempromosikan sebuah produk. 
Biasanya bentuk pengiriman promosi tersebut hanya berbentuk teks saja. 
Dalam pengiriman sebuah direct ini harus diperhatikan, jangan mengirim 
secara banyak kepada pelanggan cukup 1 atau 2 saja perpelanggan. Karena 
ketika mengirim secara banyak, maka akan dikira seperti SPAM dan konsumen 
mungikin akan menghapus langsung kiriman anda. Ketika anda membuat direct 
email ini buatlah semenarik mungkin, agar konsumen tertarik dan ingin 
membeli sebuah produk.

b. Retention Email
Retention email merupakan sebuah kiriman email kepada pelanggan dengan 
tujuan untuk mempetahankan hubungan dalam berbisnis, agar tidak berpindah 
ke penjual lain. Karna dalam retention ini sudah berhubungan sejak lama dan 
mungkin sudah akrab, maka dalam penawaran sebuah produk akan lebih mudah. 
Ketika kalian berbisnis, dekatilah pelanggan seperti teman anda sendiri. 
Saat berkomunikasi dengan pelanggan anda harus selalu ramah, jangan seperti 
robot dan buat pelanggan anda nyaman dengan anda. Maka pelanggan anda akan 
sering memesan dan membeli produk anda. Dalam relention ini jangan selalu 
memberikan sebuah penawaran produk, tetapi beri terkadang beri motivasi, 
informasi, tips agar selalu bersemangat, dan lain-lainnya. Dengan begitu 
pelanggan akan nyaman dengan anda dan tidak aka jenuh dengan pelayanan 
anda.

c. Beriklan di email orang lain
Beriklan ke email orang lain adalah salah satu cara dalam pemasaran 
produk kepada konsumen. Dengan mengiklankan email kita ke email orang lain 
akan lebih mudah dalam memperkenalkan produk kita ke konsumen. Untuk 
seseorang yang belum mempunyai banyak list email, beriklan ke email orang 
lain adalah pemecahan masalah yang baik. Pemanfaatan beriklan di email 
orang lain di luar sana, sudah banyak yang sukses dan penghasilannya sudah 
sampaI jutaan bahkan sampai dolar.

2. Memberikan Pengetahuan dalam segala hal.
Memberikan pengetahuan dalam segala hal ini dengan memanfaatkan internet 
untuk searching. Dengan banyak-banyaknya blog-blog, web, dan lain-lain 
dapat mudah dalam mencari informasi. Dengan mengetik judul yang akan dicari 
dan mengeklik enter anda sudah mendapatkan sebuah informasi. Untuk anda 
jangan malas-malaslah untuk searching di internet, karena dengan ini anda 
dapat mendapatkan informasi yang terbaru dan baru buming. Kegunaan internet 
bagi para pembisnis dapat digunakan untuk membandingakn harga pasaran 
sekarang agar sebuah bisnis dapat berkembang.

3. Ringkasnya dalam Penyimpanan Data
Dengan adanya internet ini seorang pembisnis/perusahaan dapat menyimpan 
dokumen-dokumen yang penting dalam sebuah data base. Manfaat adanya data 
base ini bagi pembisnis tidak membutuhkan banyak-banyak lemari untuk 
menyimpan sebuh dokumen-dokumen tersebut. Adanya data base ini sangatlah 
menguntungkan sebuah pembisnis. Maka dari itu manfaatkan data base tersebut 
semaksimal mungkin dalam menyimpan dokumen-dokumen tersebut.

4. Sistem Informasi Manajemen 
Ketika anda menyimpan data sebuah perusahaan, manfaatkan sebaik mungkin 
dan gunakanlah seefektif mungkin. Bagi perusahaan diluar sana kegunaan 
penyimpanan data digunakan sebagai strategi dalam menembus kulitas pasaran. 
Kegunaan sistem informasi disini untuk memperkirakan frekuensi penjualan 
dalam sebulan dan dapat digunakaan dalam memaksimalkan laba dan lain-lain. 
Dengan sebuah perusahaan memanfaatkan sebuah sistem informasi manajemen 
maka kekurangan perusahaan akan terlihat dan mudah untuk memperbaikinya. 

5. Costomer Relationship Managemet
Pada jaman yang serba canggih ini perusahaan menggunakan TI untuk 
meperbaiki dalam sebuah pengiriman barang. Dengan adanya CRM ini menyebabkan
bisnis lebih mudah, dengan disertakan data sebuah pelanggan yang pastinya 
sewaktu-waktu akan digunakan. Salah satu contoh ketika barang sudah 
terkirim dan ternyata terdapat keluhan dari barang tersebut maka, dengan 
mudah dalam pengembalian barang tersebut. 

6. Adanya Bsinis Selama 24 Jam
Dengan kemajuan teknologi ini memudahkan dalam melakukan jual beli selama 
24 jam. Yang dulunya pemesanan sebuah produk hanya bisa dilayani selama 12 
jam, dengan adanya perkembangan teknologi ini memudahkan konsumen dalam 
memesan sebuah barang. Dengan adanya bisnis 24, seorang IT memanfaatkan 
keadaan ini untuk selalu menciptakan sebuah aplikasi lainnya untuk 
menunjang penjualan selama 24 jam. Dengan diperlukannya sebuah kerativitas, 
kegigihan, pengetahuan seorang TI.


Referensi:
http://tulisbaca.com/apa-saja-peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis-yuk-
baca-ini/
http://komputerhpgadget.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-email.html
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-email-marketing-dan-apa-manfaatnya-bagi-
bisnis-online.html

0 komentar:

Posting Komentar